The beautiful one: Xiaomi Mi5

"Cantik banget!"

Itu kata yang pertama keluar dari mulut gue pas akhirnya ngeliat video launching gadget yang paling gue tunggu di awal tahun 2016 ini: Xiaomi Mi5!


Sebelumnya gue pernah bahas tentang Mi4 disini, dan Mi4 nya sampai sekarang masih gue pake. Flawless. Perfect-o.

Nah di tanggal 24 Februari 2016 ini, Xiaomi akhirnya meluncurkan flagship terbaru mereka Mi5. Rumor tentang Mi5 ini udah kenceng banget di forum-forum gadget sejak tahun lalu. Mulai dari perkiraan tentang spek nya, hingga bocoran foto desain nya. Dan itu semua makin nambah rasa penasaran gue. Bikin makin gregetan. Btw, gue bisa dikategorikan fans nya Xiaomi. Perangkat Xiaomi yang gue punya ada beberapa; Mi4, Mipad, Miband, Yi, dan earphone Piston. Kalau Xiaomi bikin laptop dan dijual di Indonesia, mungkin gue beli.

Dan buat yang penasaran kayak gimana sih cantiknya Mi5, nih liat video ini.


Keren kan?

Nah sekarang gue mau bahas beberapa alasan kenapa Mi5 gue pilih menjadi salah satu worth-to-buy gadget di awal 2016 ini.


1. Desain yang KETJE! (baca: KECE)

Udah lah gak usah diragukan lagi. Desainnya Mi5 cantik banget sob!


Ada 3 varian warna untuk si Mi5 ini. Gue sih suka semuanya. Tapi demam rose gold gue kayaknya belom hilang, jadinya kalau disuruh pilih mana yang favorit, gue akan pilih yang Gold. hahaha... 

Ukuran Mi5 sendiri memang sedikit lebih besar dari Mi4. Dimensinya 144.6 x 69.2 x 7.3 mm dengan ukuran layar 5.15 inch. Tapi meski ukuran sedikit bertambah, ternyata bobotnya malah agak berkurang dibanding Mi4. Bobot Mi5 ini hanya 139 gram. Bahkan lebih enteng dari iphone 6s.

Mi5 juga masih sama seperti Mi4 gak support external miroSD. Dan menurut GSMarena Mi5 ini support dual-sim

Mi5 keluar gak sendirian. Karena ada yang namanya Mi5 Pro. Entah karena Apple lagi gencar promosi iPad Pro atau bukan, tapi kayaknya penggunakan kata "Pro" dalam sebuah seri flagship kayaknya akan mulai banyak. Mi5 Pro ini salah satunya. Trus bedanya apa sama Mi5 biasa?

Bedanya ada di panel belakangnya. Kalau yang regular (kapasitas 32GB dan 64GB dengan RAM 3GB) panel belakangnya adalah 3D glass back cover. Sedangkan kalau Pro (128GB dengan RAM 4GB) panel belakangnya 3D ceramic back cover.

Gue belum hand-on keduanya, jadi semuanya masih dalam imajinasi gue. Tapi perkiraan gue sih, Mi5 Regular akan punya back cover kayak Nexus 4. Jadi akan ada semacam tempered glass di bagian belakang. Sedangkan yang bikin penasaran itu Mi5 Pro dengan Ceramic back cover nya. Gue tau sih kalau pabrikan seperti Samsung udah pakai bahan Ceramic untuk beberapa perangkat elektroniknya, contohnya untuk heater mesin cucinya. Tapi kalau di gadget, gue belum kebayang akan kayak gimana tekstur ceramic nya. Harusnya sih Ceramic back cover nya itu akan lebih bagus lagi mengalirkan panas di bagian mesin Mi5 keluar. Sehingga kinerja processor jadi makin optimal dan umur baterai juga jadi lebih optimal.


2. Kamera

Coba ditonton dulu video ini:


Itu video perbandingan Camera OIS di Mi5, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Hasilnya cukup mengejutkan buat gue. Kamera Mi5 smoooooth~ banget.

Meski pas baca spek lengkap nya di GSMarena, gue agak kecewa. Ada peningkatan dan penurunan di sektor kamera. Untuk kamera belakang, peningkatannya cukup lumayan. Mi4 hanya 13MP sedangkan di Mi5 sudah 16 MP dan ditambah dual-LED (dual tone) flash, OIS, dan sistem deteksi autofokus yang lebih baik. 


Tapi untuk kamera depan ternyata ada penurunan. Menurut gue, kamera depan Mi4 itu superior banget. Bahkan Mi4i aja yang merupakan penerus Mi4, spek kamera depannya gak sebanding Mi4. Kamera depan Mi4 itu 8MP, sedangkan Mi5 hanya 4MP. Sebagai orang yang sering selfie, gue agak kecewa.... cuma sedikit sih.

Kecewa gue langsung hilang pas tau lebih banyak lagi fitur bagus yang ada di Mi5. Ada Beautify dan yang paling keren, Group Video Calls

 


3. "Daleman" yang menarik

"Daleman" dari Mi5 ada 3 versi. Sebenarnya semua sama, hanya beberapa bagian aja yang membedakan. Semuanya menggunakan Snapdragon 820 yang 100% lebih cepat dari Snapdragon 810 yang banyak dipakai oleh smartphone level atas sebelumnya. Yang membedakan adalah kapasitas internal memory, clockspeed processor nya, dan ukuran RAM nya. Mi5 reguler hadir dalam 2 varian: internal 32GB dengan RAM 3GB dan Snapdragon 820 (1.80Ghz), dan internal 64GB dengan RAM 3GB dan Snapdragon 820 (2.15Ghz). Sedangkan Mi5 Pro memiliki internal 128GB dengan RAM 4GB dan Snapdragon 820 (2.15Ghz).



4. Baterai

Kapasitas baterai Mi5 tergolong cukup besar yaitu 3000mAh meski ada penurunan dibanding Mi4 yang memiliki kapasitas baterai 3080mAh. Tapi cuma sedikit banget bedanya. Gak akan terasa menurun. Bahkan karena Mi5 menggunakan baterai Li-Po tentu umur baterai akan lebih baik dibanding Li-Ion. Karena baterai Li-Po atau Lithium Polymer bersifat cair (Liquid), serta menggunakan elektrolit polimer yang sangat padat dan mampu menghantarkan daya lebih cepat dibanding baterai Li-Ion. Dan juga fitur Quick Charge 2.0 di Mi4 kini diupgrade menjadi Quick Charge 3.0. Dari semulai 60% pengisian daya lebih cepat, kini menjadi 80% pengisian daya lebih cepat.



5. Harga yang rasional

Ini adalah komponen terpenting sebenarnya. HAHAHA!

Dengan segala kelebihannya, harga Mi5 kemungkinan malah akan jauh lebih terjangkau dibanding kompetitornya dengan spesifikasi mirip. Pas gue beli Mi4 aja hampir 2 tahun yang lalu, gue beli Mi4 di harga 4,9 juta disaat Samsung Galaxy S5 dengan spek yang sama harganya masih diatas 7juta. Dan itu sangat mungkin terjadi di Mi5 ini. Pas peluncuran, Mi5 dibanderol 2699 yuan untuk varian Mi5 Pro atau setara sekitar 5,6 juta Rupiah. Sedangkan yang varian 64GB dan 32GB dibanderol 2299 yuan dan 1999 yuan atau sekitar 4,7 juta dan 4,2 juta Rupiah. Gak terlalu beda dengan saat Mi4 pertama kali diluncurkan. Dan yang pasti ini jauh lebih terjangkau dibanding produk Apple atau Samsung dipasaran saat ini dengan spek serupa.




6. MIUI



OS MIUI adalah salah satu alasan kenapa gue masih pakai Mi4 gue sampai sekarang. Dan itu juga akan menjadi alasan kenapa gue pengen beli Mi5. Bagi gue, sebuah OS itu bukan hanya memberikan kompatibilitas yang tinggi bagi penggunanya terhadap berbagai platform; bukan hanya lebih aman dibandingkan OS lain; namun yang terpenting adalah nyaman digunakan. User Experince adalah nomor satu. Dan itu yang diberikan oleh MIUI.

MIUI sangat ringan. Dan karena berbasis Android, sudah pasti aplikasi android bisa dengan mudah diinstall. Bagi yang membeli produk Xiaomi dan gak nemu dimana Google Playstore nya, harus menginstall Google Installer terlebih dahulu di MiApps Market. Baru deh setelah itu bisa install Google Playstore dan sign-in ke akun Google. Mudah kok. Apalagi kalau mau meluangkan waktu buat browsing caranya di Internet. Atau baca blog ini. Hehehe...



Nah bagaimana menurut kalian? Apalagi sih alasan kenapa Mi5 ini worth to buy? Ayo tuliskan komen kalian di bawah ya. :) Thank You!


(sources:  GSMarenaEngadgetMIUI ForumYoutube)


Comments

  1. Badai abis! Finally release jugaaa setelah php sekian kali. Masih ngerasa cukup sama Mi 4i. Btw nice postπŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu superior value nya Xiaomi ya. Bisa bikin kita sebagai pengguna ngerasa "cukup". Anyway, thank you for the comment!

      Delete
  2. Nice one! Salah satu blogger & youtuber favorit saya! Haha, btw kita sesama user Mi5 mas, dan satu lg "Cinta aja ga ada yang sempurna, apalagi gadget.". Sekian dari saya, sampai jumpa di lain hari! Haha πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

#MyFirst: Pertama dan Terakhir. BPJS Ketenagakerjaan alias Jamsostek.

#MyFirst Tech Review: Xiaomi Mi4

Xiaomi Redmi 4X: Hape 1 Jutaan Yang Bisa Bikin Baper