#MyFirst: Pertama dan Terakhir. BPJS Ketenagakerjaan alias Jamsostek.

Dua minggu terakhir, hari-hari gue banyak habis untuk hal ini: Jamsostek.

Dari sejak awal kerja kantoran, gue memang gak pernah peduli sama hal satu itu. Gue kurang paham apa manfaatnya buat gue secara langsung. Jamsostek gak bikin gue naik gaji; Jamsostek gak bikin gue jadi lebih ganteng; Jamsostek gak bikin perut gue jadi kayak dulu lagi.

(hening sejenak... elus perut...)

Well, semua berubah saat gue jadi CPNS beberapa bulan lalu. Gue mulai aware sama hal-hal administratif yang dulu gue cuekin. Gue mulai pahami gunanya sertifikat yang dikumpulin sama banyak orang, gue mulai sadar pentingnya nyimpen buku tabungan, dan yang terpenting: gue diajarin cara ngecek saldo Jamsostek.

Sebentar...
Udah pada tau gak sih Jamsostek itu apa?
Buat yang baca ini dan ngerasa kalian belum lulus SD di tahun 2014, gue rasa kalian belum paham apa itu Jamsostek. Jadi gue coba ceritain dikit ya.

Jamsostek itu bukan nama band, bukan nama alat transportasi sebelum busway, bukan juga nama jamu. Kali aja ada yang ngira Jamsostek singkatan Jamu Ngejos Ekstrak Bulu Ketek, gue pastikan BUKAN ITU.

Jadi....
Menurut Wikipedia, Jamsostek itu adalah...... nih penjelasannya

Baca sendiri. Jangan manja. Masa mau gue bacain?



Intinya, Jamsostek itu memberikan perlindungan yang bersifat mendasar bagi pesertanya jika mengalami resiko-resiko sosial ekonomi dengan pembiayaan yang terjangkau. Resikonya yang mungkin muncul macem-macem. Kecelakaan, sakit, hamil (yang direncanakan mau pun tidak), bersalin, cacat, hari tua (kalau bisa sampai), dan meninggal dunia (kalau tidak sampai).

Nah, balik lagi ke cerita gue. Gue akhirnya diajarin cara cek saldo Jamsostek sama temen CPNS gue di kantor. Saldo jamsostek gue selama ini mengendap tanpa gue sadari dan hasilnya ternyata cukup lumayan. Ya cukup lah buat menghidupi gue dalam masa-masa jadi CPNS. Hal ini penting. Karena selama di awal-awal gue jadi CPNS kayak sekarang, gue GAK GAJIAN. 

Yak bener. Lo semua gak salah baca. GUE GAK GAJIAN.

Berapa lama? 3 bulan!
:(((((

Gaji gue nantinya sih dirapel di bulan ke-empat. Tapi tetep ajaaaaa.... tagihan kartu kredit, arisan bulanan, biaya beli citato setiap minggunya, biaya beli pulsa internet buat streaming Running Man, itu semua gak bisa dirapel juga kan...
:(((((

Makanya sejak gue tau saldo Jamsostek gue lumayan bisa menutupi itu semua, gue cari tau gimana caranya buat cairin hati kamu... eh, cairin saldo jamsostek gue.

Akhirnya setelah gue browsing, gue nemu cara cairinnya. Gue disarankan datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan (nama barunya Jamsostek) terdekat. Secara gue anaknya males, gue coba cari cara lain. Dan gue nemu situs es.bpjsketenagakerjaan.go.id




Itu layanan elektronik buat BPJS Ketenagakerjaan, dan salah satu fiturnya adalah eKlaim (elekronik Klaim) yang memungkinkan gue (katanya sih) untuk klaim saldo JHT (Jaminan Hari Tua) gue.

Diawal gue diminta register account baru dulu. Gue turuti.
Trus gue diminta login. Gue turuti juga.
Abis itu gue pilih fitur eKlaim dan isi formulir untuk klaim. Gue masih tetep turuti.
Dan setelah itu gue diminta upload beberapa dokumen pendukung, yaitu Kartu Keluarga, SK CPNS (karena alasan gue cairin JHT adalah gue jadi PNS), KTP, dan Kartu Jamsostek.

Gue siapin semua dokumennya trus gue upload. Terus...... ERROR.

KAMPRET! WEBSITE NYA ERROR PAS DIUJUNG PROSES!


Gue coba ulang berkali-kali dan tetap ERROR. Kadang error pas upload, kadang error pas pin konfirmasi gak dikirim-kirim ke nomor gue. Gue masih coba sabar dan kepala dingin dengan telpon 1500910. CS nya sih cukup ramah, tapi jawabannya normatif banget dan gak memberikan solusi yang gue harapkan. Dia cuma kasih solusi standard sesuai FAQ: "Tampaknya ada kesalahan jaringan, Pak. Mohon tunggu 3 kali 24 jam ya, Pak". Gue dulu di Customer Service, jadi gue paham banget kalau itu jawaban dari daftar FAQ dia. 

Murka lah gue. Sampai-sampai gue twit kekecewaan gue ke account @BPJSTKinfo. Dan sempet juga sih dibales, cuma udah terlanjur bete.

Besoknya gue di kantor seharian nyoba upload ulang semua dokumen itu. Selalu gagal. Bener-bener kecewa gue di moment itu.



Eh.......
Secara random tiba-tiba ada email masuk dari BPJS yang menerangkan bahwa gue diminta datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba untuk proses lanjutan dari eKlaim gue itu. Ajaib. Padahal upload nya gagal mulu, tapi ada email notifikasi bahwa proses gue berhasil. #Indonesia.

Cerita ini gue fastforward sampai akhirnya gue datang ke BPJS Ketenagakerjaan Salemba buat urus itu semua. Gue sampe jam 9 pagi lewat dikit.

Di pintu depan gue tanya satpam yang jaga, "Pak, saya mau urus eKlaim. Prosedurnya gimana ya?"
Itu satpam tiba-tiba ngambil folder transparan trus dikasih ke gue. "Berkasnya dimasukin aja semua ke sini, Dek. Nanti folder nya taro di Dropbox yang ada di dalam". Gue turuti.

Gue masuk ke dalam ruangan, dan ternyata udah agak rame di dalam. Gue agak kebingungan nyari Dropbox nya karena sign Dropbox nya kecil dan gak terlalu eye-catchy. Setelah masukin folder di Dropbox, berkas-berkas gue diperiksa kelengkapannya berdasarkan antrian masukin Dropbox tentunya.

Nah pas giliran berkas gue diperiksa, nama gue dipanggil, "Wisnu Kumoro"
Gue menoleh pelan, lalu gue jawab dengan perkasa "Iya.. saya..."

Pas pemeriksaan, berkas gue dinyatakan lengkap sampai si ibu yang meriksa berkas gue nanya, "Kamu belum isi formulir ya?"
"Loh satpam di depan gak kasih tau begitu, Bu. Lagipula kan saya udah isi. Saya pakai eKlaim".
"Oooo tapi tetap harus isi formulir"

Gue bingung. Ngapain gue isi formulir pas bikin eKlaim kalau tetep harus isi formulir lembaran? KENAPA? #Indonesia.

Akhirnya gue turuti si ibu itu dan balik ke satpam buat minta formulir. "Pak, saya disuruh balik lagi minta formulir. Saya bingung. Kok saya disuruh isi formulir sih? Kan saya pakai eKlaim."
"Wah, harusnya gak pakai isi lagi, Dek. Salah tuh si Ibu". Gue makin bingung. Satpam lebih tau prosedur daripada pegawai. #Indonesia.

"Yaudah deh, Pak. Saya gak mau ribet. Saya isi lagi aja deh formulirnya"
"Yakin, Dek?"
"Kok Bapak bikin saya ragu sih?"
"Hehehe becanda, Dek. Ini formulirnya. Oh iya, mesti pakai materai 6000 juga ya".
"Waduh saya gak bawa materai Pak..."
"Saya ada" dan dia tersenyum...
"...... yaudah saya beli deh Pak"

Akhirnya gue isi lah formulir itu. Beserta tanda tangan diatas materai yang (terpaksa) gue beli. Gue diem aja sepanjang nunggu antrian gue dipanggil lagi.

Gue agak impress sih dengan kerja front office nya yang menurut gue lumayan cekatan. Ada mbak Icha, Mbak Vella, dan Mas yang gue gak tau namanya (cowo gak gue perhatiin. sorry). Nah gue akhirnya dilayani sama Mbak Vella. Orangnya ramah dan cekatan. Recommended deh pokoknya Gan. (Eh, ini apa ya?)

Pas proses verifikasi juga akhirnya tau bahwa eKlaim gue masuk ke database mereka. Dan menurut mbak Vella, gue seharusnya gak usah isi formulir. ZZZZZZ....

Di proses verifikasi itu juga ditanyain pencairannya mau lewat transfer rekening atau cash langsung. Gue pilih transfer rekening. Setelah verifikasi yang panjang bersama mbak Vella, akhirnya selesai juga proses pencairan JHT gue di BPJS Ketenagakerjaan. 



Lalu apalagi yang harus gue lakukan? Ya hanya tinggal nunggu. 

Sekarang gue juga masih nunggu pencairannya masuk rekening gue. Dan gue masih bokek.
:(((((



(nb: sebenarnya banyak foto-foto yang mau gue upload untuk nambah detail cerita ini. Tapi. Gue. Males.)

Comments

  1. Ok! Terima kasih untuk sharingnya. Mmm.... Aku mau ikut ngomporin ah. Aku ga paham kenapa web2 yang seharusnya bisa melayani kita dengan baik jadinya begitu. Malah sebenernya menurutnya ga siap. Kalo ga siap mah.... ga usah dinyalain sik

    *eh kok emosi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar atuh kakak penyiar yang baik hati.... :D
      hihihi :p

      Delete
  2. Mas wisnu... e klaim itu bisa kita pake setelah jatuh tempo yah?
    Aq nyobain dr kmrn ga bsa2 :-D
    Memang sih genap 5 thn msa kepesertaan aq nnti bln oktober... trus kan nunggu 1 bln dlu ya... tp aq pnasaran jd aq coba . Tp yg bagian alasan klaim nya ga bsa d klik... :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Chita, sejujurnya saya kurang tau secara mendetail. Namun sepengalaman saya, coba buka website nya dari beberapa browser atau komputer yang berbeda. Dikhawatirkan gak bisa karena browser nya gak compatible, atau spek di komputernya gak kompatibel. Perihal versi flash nya, dsb.
      Semoga membantu. :)

      Delete
    2. Ooo gitu yah... saya buka d hp sihhh... nnti saya coba di lap top deh...
      Ok ok... mksh bnyak yah mas buat info mya :D

      Delete
  3. Nanya dong. Dari masukin data secara online sampai dapat email notifikasi berapa lama ya?
    Dan dana diterima berapa hari setelah pengurusan selesai?
    Thanks.
    BTW - nice story telling, entertaining!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu sih gak terlalu lama waktunya sampai dapat email. Harusnya maksimal 2x24 jam udah dapet email notifikasi. Silahkan dicek juga Spam Folder di email nya. Takut-takut masuk ke sana emailnya.

      Thank you for the compliment. :)

      Delete
  4. Sama gan, ane juga pernah eklaim di salemba, setengah jam langsung selesai. Kalo ngantri pake jalur biasa antrian udah sampe tahun 2016 😓
    Bantu jawab @springrolls 2 hari udah dapet balesan emailnya ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew, jadi yg di salemba itu cuma orang" tertentu aja ya? saya mau klaim nih, mohon sarannya saya harus pakai jalur mana? jangan jalur gaza ya ..
      thanks ^^

      Delete
    2. gue tadi pagi ke Jamsostek Rawamangun. dan eng...ing...eng... gue dapet lembaran ijo yang berupa checklist dan harap balik lagi Januari 2016. :(. akhirnya gue coba cara eKlaim dah. udah keisi semua dan disuruh tunggu konfirmasinya maximal besok (dari gue nulis comment ini) jam 19:00 :). menurut gue nih ya, boleh diikutin boleh kaga. mending via e-klaim aja. kalo ke cabang2 udeh pada penuh :)

      Delete
    3. Makasih Mbak Indri udah bantu jawab. :)

      Saran buat mas maulana sih memang lewat eklaim aja kayak mas Dedi tuh. Dan kalau memang bermasalah, saran saya langsung komplain via Call Center aja. Semoga proses nya lancar! :)

      Delete
  5. Isi email konfirmasi nya itu gimana mas apa kaya gini "pin/kode konfirmasi anda : 123456" gitu atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan itu. Isi email konfirmasinya nanti menjelaskan kalau permohonan kita disetujui dan diharapkan dating ke kantor BPJS nya. :)

      Delete
  6. Kalau COPY SURAT BERHENTI BEKERJA YANG DILAPORKAN PERUSAHAAN KE DISNAKER itu apa?
    Apa yang diupload?
    Ada yang bilang itu berlaku hanya yang mengundurkan diri setelah 1 September 2015 Sedangkan waktu mengundurkan diri saya Januari 2013?
    Sedangkan kalau kolom itu tdk diunggah dengan dokumen proses pelengkapan data itu tdk beranjak ke proses berikutnya.
    Tolong dibagi...
    Nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya setelah baca-baca blog yang ada dimana-mana, jika resign setelah 1 september 2015, bisa membawa dokumen tambahan berupa Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Tapi kalau yang sebelum itu, saya kurang tau mas. :( Semoga membantu.

      Delete
  7. gue di tolak gan gegara kaga ada form surat keterangan berhenti kerja disnaker padahal gue resign sebelum 1september :( sedih banget gan :'(

    ReplyDelete
  8. mohon infonya mas wisnu, berapa lama dari klaim di kantor bpjssampai cair dananya?
    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamduillah sih pas saya lumayan cepet. Seminggu sampai 2 minggu, uangnya sudah masuk ke rekening.

      Delete
  9. Mas wisnu. Untuk file di upload ada ketentuan jenis file sama max size ga?. Thank you

    ReplyDelete
  10. Mau tnya dong dokumen yg di lampirkan di e-klaim dokumen asli atau foto copy??

    ReplyDelete
  11. Bro wisnu,sahabat baik di pusdiklatdag,,beneran bisa klaim elektronik ya?ko ga ada pilihan klaim kalo berubah status jadi pns ya?

    ReplyDelete
  12. kalau tidak ada surat keterangan dari perusahaan lama, bisa tidak diganti dengan SK-CPNS saja? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya sih disiapkan. Takutnya berkas dianggap tidak lengkap. Tapi bisa ditanyakan langsung ke CS nya saja untuk kepastiannya. :)

      Delete
  13. Klo uda berhasil upload e-klaim tp belum juga dapet email balasan gmn ya? Mas wisnu rentang dapet email balasnny berapa hari? Ini uda berhasil proses upload, uda 2hr nunggu belum juga ada email balesan dr bpjs jamsosteknya bete deh hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih lama.. Sudah berhasil rekam data eklaim, email persetujuan klaimnya belum juga ada, di folder spam jg ga ada, nanya langsung ke kantor cabang katanya tetep harus menyertakan print out email balesan. Oia... Yg katanya disuruh nunggu balesan email sampai pukul 19.00 hari berikutnya ternyata meleset. Saya sudah menunggu 10 hari kerja belum ada kabar juga.... Ribetnya mau ngambil hak sendiri aja.

      Delete
    2. dan sampe skrg gw jg masi nunggu notif dari bpjs,,kasus gw sama m lu -_-

      Delete
    3. dan sampe skrg gw jg masi nunggu notif dari bpjs,,kasus gw sama m lu -_-

      Delete
    4. Sabar yah mbak. Saya TD sempet ngobrol sama mbak yang lg antri juga pas saya ngurus eklaim. Dia daftarnya Dr bulan desember, Tp Baru Di reply bulan januari akhir.

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. udah coba eklaim tapi nomor ektp ga bisa... ampun deh...

    ReplyDelete
  15. Mas wisnu,
    Dana cair nya kena pajak Ngga?

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lupa dulu kena pajak atau gak mbak. Kayaknya sih gak kena deh. Saya benar-benar lupa. Maaf kalau jawabannya gak membantu. -__-

      Delete
  16. Om wis...kl udh dapet pin notivikasi ...berapa lama ya nunggu balesan email utk ke bpjs nys

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seinget saya setelah aktivasi pakai pin itu, lanjutin prosesnya di web nya. Kl udah selesai, nanti akan ada email berikutnya berupa email undangan untuk datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

      Delete
  17. Mas Wisnu, anda resign bulan apa tahun berapa? katanya kalo e-klaim hanya untuk yg resign mulai 1 september 2015 keatas (skr) saja. sedangkang sebelum tgl tersebut harus manual ke kantor cabang. trims Ary

    ReplyDelete
  18. mas wisnu, saya sudah berhasil eklaim. saya resign tgl 1 maret 2015 . ada email dari bpjs kalo permohonan eklaim saya memenuhi syarat .saya disuruh dateng tgl 12 april 2016 nanti.. saya cukup bawa copy dan asli ktp,buku rekening bni,kartu keluarga,kartu jamsostek dan paklaring surat berhenti kerja dr perusahaan saja kan? gak usah minta surat dari disnaker kan? .tolong info nya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya telat baca ini mbak Irawati Dian.

      semoga lancar ya mbak yg kemarin prosesnya.

      Delete
  19. Lg iseng2 cari berita bpjs salemba ketemu ini.. alhamdulillah puas dgn pelayanan disalemba.. kebetulan saya vella cs nya.. hehehe
    Bantu jwab
    @mb irawati: gak perlu legalisir disnaker lagi.. dan klo udh dpt email balasa udh bisa langsung dtg ke bpjs bawa dokumen asli2nya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. (MATI GUE DIBACA SAMA MBAK VELLA!)

      halo mbak Vella~~
      maaf ya nulis namanya disini~

      hehehehehehehehe :)

      Delete
  20. terkadang yang bikin jengkel itu ada orang yang sok tau, entah itu security ataupun petugas lainnya, dan memberikan info pun seperti meremehkan kita yang seolah2 nggak ngerti sama sekali mengenai klaim BPJS, padahal sebelum2nya ya udah di kasih tau sma tman2 yng berpengalaman/pun baca2 dri internet... huft,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mas,
      saya rasa security nya emang ditugaskan untuk menbantu memberi informasi biar pada ngga lama di CS nya, seperti kita kalo mau dibank lah dibantu securitynya untuk ambil no antrian bagian apa. gitu... hehehe mungkin cara mereka aja yang kurang berkenan karena yang bbener2 ngga ngerti juga banyak mas. salam....

      Delete
    2. Setuju dengan mbak July. Pada hakikatnya mereka hanya bekerja menjalankan kewajiban mereka dan berusaha membantu.

      Ya tapi kadang tetep sebel sih.

      Tapi ya gitu. Harus tetap bijak menyikapinya.

      :)

      Delete
  21. pengajuan eklaim akan diproses paling lama jam 19:00 wib, ini udah 5 x 19:00 ga ada balasan -_- #indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dibantu dengan perbanyak beribadah. Semoga bisa berpengaruh. Amin~

      Delete
  22. pengajuan eklaim ane berhasil direkam tgl 2 mei 2016, sampe ane komen disini tgl 9 mei 2016, ane blm dapet imel konfirmasi bhwa klaim ane disetujui atau nggak, dua kali telfon cs ,jawabannya pun standar,disuruh menunggu hingga jumat tgl 13 mei
    -_-'

    ReplyDelete
  23. kemarin nyoba e-klaim.. masuk sih, bilangnya data udah ke save.
    trus dpt email juga,lagi di proses, tapi pas cek status di website bpjs, jawabannya belum di proses.
    padahal menurut email bakalan di konfirmasi jam 19.00 di hari kerja berikutnya ( dan ini udah seminggu).
    telpon katanya banyak yang klaim jht makanya lama. dan disuruh tunggu

    ReplyDelete
  24. Mas Wisnu, kalo pas submit form nya gagal terus tuh kenapa ya mas? :(

    ReplyDelete
  25. dapet balesan PIN sms nya sekarang juga lama bingit males nunggunya bang gimana nih :(

    ReplyDelete
  26. alhamdulillah sudah dapet tinggal nunggu persetujuan, mohon doanya para pembaca sekalian biar disetujui dan bisa cair amiiiin

    ReplyDelete
  27. mas wisnu saya sudah upload dokumennya via eklaim tapi pas saya klik simpan selalu gak bisa dan keterangannya pin/kode konfirmasi tidak sama padahal saya sudah masukin kode konfirmasi yang sama seperti di sms..

    Ps : saya uploadnya hari jumat malam dan hari sabtu. apakah saya harus upload pada jam kerja saja mas ?

    Mohon pencerahannya :D

    ReplyDelete
  28. di wakilkan istri bisa gak y, soalnya baru kerja lg saya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

#MyFirst Tech Review: Xiaomi Mi4

VR Box vs Xiaomi VR: Mana Yang Lebih Bagus?