7 Things You Should Know About Xiaomi Mi4



Setelah bikin review tentang Xiaomi Mi4, belom lengkap kalau gue gak kasih beberapa tips dan trik yang bisa lo coba di Xiaomi Mi4. Nah berikut ini ada beberapa tips dan tricks versi gue yang gue temui di Xiaomi Mi4.

(Catatan: Yang saya contohkan disini menggunakan Mi4 dengan DEVELOPER ROM MIUI v 4.11.21. Untuk yang memakai STABLE ROM mungkin daftar isi di menu setting akan berbeda, namun fungsinya sama. Rajin-rajin oprek menu setting aja ya)

1. Akses Camera langsung dari lockscreen.

To my sneaky folks who wants to go incognito and grab some candid photos, this one is for you. Lo bisa langsung mengakses kamera dari lockcreen hanya dengan menekan button BACK (yang kanan bawah itu loh).

Caranya gimana? Bisa langsung ke Setting > Additional Setting > Buttons, dan langsung aja diaktifkan 'Long press Back to take photo'.

Contohnya bisa liat di video ini. By the way, itu tangan gue.


2. Hemat pemakaian data.

Boros pake kuota internet? Jangan khawatir kalau pakai Xiaomi Mi4. Karena ada aplikasi bawaan di xiaomi mi4 yang super keren buat mereka yang selalu perhatian sama kuota data nya. Ada Data Saver.

Sebenarnya sih gue gak paham gimana cara kerjanya sehingga bisa menghemat pemakaian data. Yang gue perhatiin sih, tiap terima email masuk, content yang berupa gambar dan lainnya tidak otomatis terdownload. Hanya teks saja. Mungkin sistemnya seperti itu. Dan dari pengalaman gue pakai ini, memang jadi agak lebih lama sih kuota gue habisnya. Biasanya gue habis pemakaian data 2GB untuk 1 minggu. Sekarang udah 2 minggu, gue cuma habis hampir 3GB. Lumayan banget.

Untuk mengaksesnya, lo bisa buka aplikasi SECURITY dan langsung ada pilihan Data Saver di tengah dengan icon mirip bawang. Setelah lo buka aplikasinya, akan ada beberapa fiturnya.

Detail seberapa banyak data yang dihemat

Kita bisa pilih aplikasi apa aja yang boleh akses Data, mana yang gak boleh

Kita juga bisa pantau aplikasi mana aja yang boros pemakaian Data

3. Built-in Anti Virus.

Xiaomi Mi4 juga menyediakan Anti Virus yang merupakan bawaan langsung dari Xiaomi Mi4. Sejauh ini sih bekerja dengan baik di Mi4 gue. Entah beneran ada virus atau malah gak kerja sama sekali ya?  Hahahaha

Tapi ini harus diapresiasi. Karena dengan adanya Anti Virus, kita jadi merasa lebih aman dari gangguan malware dan virus yang sangat banyak di dunia per-android-an. Dan juga bikin kita gak perlu repot install anti virus lainnya yg biasanya sih makan resource gede dan kapasitasnya besar.

Mi4 gue sih selalu bebas virus. Hahaha

4. Guest Mode

Nah ini salah satu fitur yang paling ganteng. Namanya Guest Mode. Mungkin langsung dibayangan lo semua ini mirip dengan Guest Mode di smartphone LG G2 yang bisa bikin profile 'Guest' waktu lagi di lock. Ini beda. Karena Guest Mode di Mi4 itu lebih ke 'pengunci akses'  aja. Gak ada profile terpisah.

Disaat Guest Mode aktif,  lo gak bisa liat isi gallery, message dan beberapa aplikasi lain yang dipilih. Untuk unlock Guest Mode kita harus memasukkan password yang udah di setting sebelumnya.

Untuk aktifkan fitur ini langsung aja buka Setting > Privacy > Privacy Protection. Atau aktifkan widget Guest Mode di home screen.


5. USB On The Go

Punya file di flash disk atau memory card eksternal dan pengen langsung dikirim ke smartphone? di Mi4 bisa!

Mi4 sudah support untuk USB To Go. Jadi tinggal colok flash disk atau card reader ke Mi4, dan langsung bisa terbaca. Keren kan? Tapi sebelumnya dipastikan dulu, lo punya beberapa hal wajib:

  • USB To Go converter. Bisa berbentuk kabel atau converter. Masing-masing ujungnya mini USB male dan USB female.
  • Aplikasi File Explorer bisa lebih praktis dan enak buat liat daftar file nya. Gue menyarankan sih aplikasi EXPLORER yang ada di Google Play Store, karena size kecil dan gak ribet.
  • Flash disk atau Memory Card yang ditempel via Card Reader. Dan disarankan formatnya FAT atau FAT32 ya. Gue coba exFAT sementara ini masih sering error. Mungkin bug dari ROM nya.
  • Jangan dicoba pakai Harddisk Ekternal. Apalagi disket jaman dulu. Sia-sia.
  • Dan siapin Mi4 nya.

CATATAN PENTING:
Untuk Eject flashdisk nya gak bisa asal cabut aja. Nanti bisa rusak flashdisk nya. Jadi harus di un-mount dulu. Caranya bisa buka Setting > Additional Setting > Storage, lalu pilih Un-mount disk.


6. Local Backup

Beberapa alasan gue sering melakukan root ke smartphone android gue yang lain adalah biar bisa di-backup secara menyeluruh, mulai dari system, data, dan apps nya. Tapi sekarang, gue gak perlu repot-repot lagi root dan melakukan prosedur yang repot. Karena di Mi4 udah ada fitur untuk langsung bisa Local Backup.

Sebelum kita update ROM, disarankan untuk back-up terlebih dahulu. Hasil ukuran Backup nya berkisar antara 300-400MB per Backup. Dan yang di-backup adalah system, data, dan apps di Mi4 kita.

Caranya sangat praktis. Buka aja Setting > Additional Setting > Backup & Reset > Local Backup. Nah tinggal tekan Backup, maka data kita akan diamankan. Untuk memindahkan data ke computer atau tempat lain, tinggal colok aja Mi4 dan cari folder Back-up nya, dan tinggal di-copy. Simple.

Gak perlu takut data hilang. Yang penting rajin Backup.


7. Voice Call Recorder

Dulu gue sempat jadi penggemar aplikasi perekam voice call. Selain karena tuntutan kerjaan, gue juga suka ngerekam percakapan telpon gue sama pacar. Bisa jadi hal indah aja kalau didenger nantinya. Manis ya gue?

Nah di Mi4 ini ternyata udah gak perlu aplikasi pendukung (yang rata-rata berbayar dan harus root) untuk bisa rekam percakapan telepon. Saat kita dial nomer telpon dan tersambung, icon perekamnya langsung ada di bagian kanan bawah layar.

Hasil rekamannya bisa didengar di aplikasi Recording bawaan dari Mi4.

Kita bisa rekam percakapan langsung saat pembicaraan berlangsung





Nah itu adalah 7 hal menarik mengenai Xiaomi Mi4 versi gue. Gimana dengan versi lo?



Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Bro wisnu,
    mau nanya dong.
    untuk di mi4 ROM yang stabil nya pakai versi yang mana ya?
    trus lebih bagusan mana miui 5 dari miui 6? secara pada miui 6 kan masih banyak bug nya, jadi bimbang juga nih.
    sama satu lagi nih, kalo dibandingkan sama mi4i bagusan mana sih dari segi pemakaian sehari2, secara mi4 kan ga pake protec layar (minus yg amat sayang sekali menurut ane)
    bingung mau meminang yang mana

    big thanks bro wahyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maap ya bro ragan kalau saya baru jawab. :)

      untuk yang stabil, jelas Stable ROM yang udah default ada di device nya. atau download di web nya MIUI juga ada.

      Untuk bagusan mana, jelas makin baru makin bagus. Kalau tampilan sih, bisa diganti pakai Theme aja. :) Sekarang bahkan udah MIUI7. fitur juga makin oke.

      Kebetulan saya punya Mi4 dan belum lama beli Mi4i juga. Pemakaian sehari2 sih keduanya sama aja. Tapi saya lebih nyaman pakai Mi4, secara spek lebih bagus meskipun Mi4i lebih ringan dan lebih baru. (FYI, saya penggemar smartphone yg agak berat dan ber-bezel besi kayak Mi4 dan iphone. kurang suka plastik. hehehe)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

#MyFirst: Pertama dan Terakhir. BPJS Ketenagakerjaan alias Jamsostek.

#MyFirst Tech Review: Xiaomi Mi4