Posts

Showing posts from November, 2014

7 Things You Should Know About Xiaomi Mi4

Image
Setelah bikin review tentang Xiaomi Mi4, belom lengkap kalau gue gak kasih beberapa tips dan trik yang bisa lo coba di Xiaomi Mi4. Nah berikut ini ada beberapa tips dan tricks versi gue yang gue temui di Xiaomi Mi4.
(Catatan: Yang saya contohkan disini menggunakan Mi4 dengan DEVELOPER ROM MIUI v 4.11.21. Untuk yang memakai STABLE ROM mungkin daftar isi di menu setting akan berbeda, namun fungsinya sama. Rajin-rajin oprek menu setting aja ya)
1. Akses Camera langsung dari lockscreen.To my sneaky folks who wants to go incognito and grab some candid photos, this one is for you. Lo bisa langsung mengakses kamera dari lockcreen hanya dengan menekan button BACK (yang kanan bawah itu loh).
Caranya gimana? Bisa langsung ke Setting > Additional Setting > Buttons, dan langsung aja diaktifkan 'Long press Back to take photo'.
Contohnya bisa liat di video ini. By the way, itu tangan gue.

2. Hemat pemakaian data.Boros pake kuota internet? Jangan khawatir kalau pakai Xiaomi Mi4. Karena ad…

#ServiceMindset 2: What is Service?

Image
Di tulisan yang sebelumnya, gue udah share sedikit mengenai siapa sih sebenarnya customer kita. Dan sekarang udah tau siapa customer kita. Lalu apa yang mau diberikan kepada mereka?
Yak benar! Service!
What is Service?
Hm.... Tapi service yang bagaimana ya yang efektif? service yang seperti apa yang efisien?
Stop! Gak usah jauh-jauh mikirin mau kasih yang bagaimana. Lebih baik mulai dari dasar dulu, yaitu pengertian service itu sendiri. Apa sih artinya Service? Menurut KBBI, Service atau layanan dalam bahasa Indonesia adalah:


Dan dalam aplikasinya, apa sih definisi dari Service? Ron Kaufman memberikan defini yang menarik mengenai apa itu Service.
Menurut Ron Kaufman,  Service is taking action to create value for someone else (melakukan tindakan untuk membuat nilai bagi orang lain).
Dari definisi diatas, ada 3 hal yang menjadi fokusnya.
Pertama: Taking Action.
Pernah gak sih di kantor, sekolah, kampus, atau dimana pun tempat kalian sekarang ini, ada orang yang Omdo (omong doang)? Nah, …

#ServiceMindset 1: Who is your customer?

Image
Tulisan gue yang berikutnya ini mungkin sedikit beda. Gue bahas mengenai Service.
Nah lho? Ada apa? Kok tiba-tiba bahas Service? Kok tiba-tiba bahasannya berat gini?
Hahaha...
Kerjaan gue sekarang ini memang gak jauh berkaitan sama Service. Disaat gue nulis ini, kerjaan gue masih jadi Customer Service Training Head di MODENA Indonesia. Kerjanya ngapain aja? Ya segala yang berkaitan sama pelatihan dan peningkatan kualitas layanan MODENA, mulai dari budgeting, bikin training design, training modules development, sampai ke implementasi dan evaluasi. Gue nyebut pelatihan yang gue kasih: Service Knowledge Sharing. Karena tujuan dan filosofi dasar gue kasih materi-materi tentang pelayanan bukan untuk menggurui orang lain, tapi berbagi pengalaman dan brainstorming bagaimana cara melayani konsumen dengan lebih baik.
(Untuk beberapa detik pas nulis barusan, gue terdiam. Gokil. Gue gak pernah ngebayangin akan nulis hal-hal begini di blog gue. Gue pikir blog gue isinya akan penuh sama becandaan …

#MyFirst Tech Review: Xiaomi Mi4

Image
Let me introduce you...



Xiaomi Mi4!

Belum sebulan gue pakai smartphone yang beneran cerdas ini. Dan gue ingin berbagi kebahagiaan gue menggunakan smartphone ini.

Sebelumnya, pernah denger Xiaomi?
Well, gue gak heran kalau masih banyak yang belum tau bahkan belum banyak yang dengar tentang Xiaomi. Jadi, gue ceritain sedikit ya.




Xiaomi adalah perusahaan asal Tiongkok yang berdiri tahun 2010. Sebenarnya produk-produk Xiaomi cukup beragam, mulai dari UHD TV sampai ke smartphone. Tapi gue akan fokus ceritain tentang kiprah mereka di smartphone aja ya. Smartphone pertama mereka rilis tahun 2011, dan sejak saat itu hingga sekarang animo terhadap smartphone Xiaomi mulai menanjak hingga puncaknya di tahun 2014, mereka berhasil memperoleh market share tertinggi kelima di industri smartphone. Bahkan di Tiongkok sendiri, mereka berhasil menyalip Samsung dalam penjualan smartphone. Prestasi yang bukan main-main.
Kalau Microsoft punya sosok Bill Gates, Apple punya sosok Steve Jobs (dan kayaknya mulai …