#MyFirst Variety Show I Watch Every Day

Kali ini gue mau bahas #MyFirst.
Apaan tuh #MyFirst?

#MyFirst adalah post gue tentang segala sesuatu yang pertama kali yang terjadi di hidup gue.
Kenapa harus gue?
Karena ini blog gue.




#MyFirst gue yang pertama akan bahas tentang: #MyFirst Variety Show I watch every day!

Dan variety show itu adalah Running Man!

I love RUNNING MAN!







Ada yang gak tau Running Man?


Oke, gue akan bahas sedikit. Ini bukan The Running Man, film yang dibintangi Arnold Schwarzenegger di tahun 1987. 



Ini adalah acara variety show di SBS TV Korea yang tayang tiap minggu di hari Minggu dan jadi acara favorit di korea beberapa tahun terakhir. Pertama kali tayang tahun 2010 dengan konsep urban action variety show, yaitu variety show yang dibuat di lokasi-lokasi dengan landmark perkotaan. Tapi lama-lama gak hanya perkotaan, dan semakin berkembang jadi ke landmarks keren lainnya.






Gue akan bahas beberapa points kenapa gue suka banget sama Running Man. ^^


7 Wonders of The Running Man!

1. Lokasi yang keren!

Di episode-episode awal Running Man  konsepnya memang sedikit beda dengan yang sekarang-sekarang ini. FYI, dulu itu konsep acaranya dimulai tengah malam, terus mereka dikunci di sebuah gedung yang udah tutup, kemudian baru deh mereka melaksanakan misi-misi yang dikasih. Tim yang menang bisa bebas keluar dari gedung yang dikunci itu pagi harinya.Dan tim yang kalah, akan menerima hukuman tetap dikunci di dalam gedung sampai hukuman selesai. Biasanya sih tim yang kalah dihukum pakai hot pants buat yang cowo, dan pake kumis buat yang cewe.


Semakin popular acaranya, lokasi yang dipilih pun makin keren-keren. Setiap landmark di daerah yang dikunjungi dijadiin lokasi misi mereka. Hal keren dari pemilihan landmark ini adalah bisa jadi sarana promosi wisata korea juga. Gue aja jadi penasaran banget pengen ke beberapa tempat yang jadi lokasi misi mereka. Meskipun nanti kalau ke sana beneran (AMIN!) gue akan ngerasa “kok biasa aja ya?”. Tapi yang gue kagumi adalah presentasi dari tim produksi dan editing Running Man dalam  mengemas lokasi misi mereka jadi menarik banget dan bikin penasaran. 





2. Hadiah yang mewah!

Yang sering nonton Running Man pasti gak heran dengan hadiah yang ditampilkan di ending tiap episode. Tapi buat orang-orang yang jarang atau malah gak pernah nonton sebelumnya, kemungkinan akan kaget dengan hadiahnya. Mewah! Mulai dari emas murni (favoritnya Song Ji-Hyo), uang tunai (favoritnya Kim Jong Kook), sampai pernah ada juga liburan ke eropa (dan yang beruntung dapat ini adalah Gary).

Dan yang menarik, pemberian hadiah ini kadang hanya sebentar ditampilkan dalam acaranya. Seperti hanya ceremonial aja. Dan menurut gue pesan moral yang bisa didapat adalah…. 

“betapa manisnya sebuah hadiah itu ditentukan bukan dari nilai hadiah itu sendiri, melainkan dari pahitnya perjuangan yang diberikan untuk mendapatkan hadiah itu. Semakin pahit perjuangannya, semakin manis rasa hadiahnya” – Wisnu Kumoro.

Ceilah....



3. Produksi yang gak nanggung!

Setiap gue nonton variety show korea atau jepang, gue sering kagum dengan tim produksinya. Kalau bikin sesuatu, bisa dibilang, hampir selalu total. Mereka rela keluar cost banyak untuk mendapatkan kualitas maksimal dari acaranya. Dan sayangnya itu yang belum bisa kita lihat banyak di acara TV Indonesia. 





4. Bintang tamu yang variatif!

Kalau gue bilang bintang tamunya terkenal, yah udah biasa. Tiap acara bagus pasti bintang tamunya terkenal. Begitu pun Running Man. Tapi yang gue suka dari mereka, bintang tamu yang dihadirkan bukan hanya selebriti di bidang music, film, atau drama tv aja. Ada atlet, comedian, dan lain-lain, bahkan dari sisi usia juga beragam. Tua dan muda juga pernah jadi bintang tamu. Ajaibnya, variasi ini membuat Running Man  semakin diterima semua lapisan tanpa menurunkan rating mereka. Karena biasanya, sebuah acara dibuat untuk segmen pasar tertentu meski zona toleransi antar segmen nya (biasanya) sangat lebar.

Dan kadang bintang tamunya gak disangka-sangka, seperti yang dibawah ini….








5. Karakter yang kuat!

Setiap acara yang sudah lama tayang biasanya membuat para host nya mempunyai karakter baru, atau malah memperkuat karakter mereka. Dan inilah yang terjadi di Running Man. Terkadang kalau gue nonton Running Man, gue membayangkan sebuah permainan game di Game Console. Tingkat keseruan dan kekuatan karakter masing-masing host sangat kuat. Sampai gue kadang hanyut dengan karakter mereka, meski ternyata belum tentu karakter yang ditampilkan itu adalah realita sebenarnya. But I enjoy it.






Dan meski ini adalah acara yang cukup banyak melibatkan kekuatan fisik, namun belum tentu yang terkuat yang menang. Karakter yang dibentuk memunculkan karakter-karakter ‘betrayers’, ‘alliances’, dan ‘rivals’. Dan ini menambah keseruan dari acara tersebut.



6. Misi yang 100% kreatif!

“Ada-ada aja!”
Mungkin itu adalah kalimat yang paling sering gue ucapkan tiap nonton Running Man apalagi setelah pembacaan misi di awal acara. Misi di tiap episode hampir tidak ada pengulangan. Selalu fresh! Sekalipun ada pengulangan, entah kenapa malah jadi semakin tidak bosan.




Mungkin beberapa yang baca tulisan ini tau kalau Indonesia juga punya variety show yang ‘mengadaptasi’ Running Man. Gue menghindari kata menjiplak, karena gak sama plek-plekan sih. Ada beberapa modifikasi disana-sini, tapi yang gue sayangkan adalah misi yang diberikan masih sangat terasa Running Man. Jadi ya persepsi negatif dari penonton setia Running Man kadang susah hilang ke acara itu. Tapi karena itu acara TV Indonesia, meski adaptasi Running Man, gue tetap dukung! 







7. Branding yang kuat!

Semenjak Running Man makin terkenal di Indonesia, gue perhatikan di kaskus mulai banyak yang jual aksesoris Running Man. Dulu di kaskus, hal-hal yang bernuansa korea didominasi sama baju dan celana impor korea. Tapi semenjak Running Man terkenal disini, topi, jaket, dan kaos berlogo Running Man cepat laku! Bahkan bukan hanya yang berlogo Running Man. Banyak juga aksesoris yang kerap dipakai oleh host Running Man menjadi desain yang juga ‘diduplikasi’ untuk dijual di banyak online shop.




Bukan cuma itu. Host nya pun jadi semakin bagus karirnya. Contohnya Gary yang dikenal sebagai rapper yang tergabung di duo LeeSsang. Berkat Running Man secara langsung mau pun tidak, LeeSsang pun menjadi semakin terkenal. Jadi banyak yang mulai mendengarkan lagu LeeSsang dan jatuh cinta sama lagu-lagunya. Salah satunya gue. Hahahaha…


Dan ini juga terjadi di host lainnya, seperti Kim Jong Kook yang beberapa kali keliling Asia Tenggara untuk fan meeting. Begitupun Lee Kwangsoo yang belum lama ini menggelar fan meeting di Asia Tenggara. Gary pun akhirnya merilis album solonya, dll.



Nah itu adalah 7 alasan kenapa gue suka sama Running Man. Mungkin diantara kalian yang baca ini ada yang setuju sama gue, ada yang gak. That’s okay.
Dan kenapa gue sengaja meluangkan waktu gue untuk nulis sepanjang ini demi Running Man? Karen ague merasa berkat mereka gue bisa melewati momen membosankan yang gue punya. Jadi setiap gue bete, bosan, atau gak tau mau ngapain gue nonton Running Man. Gue punya satu harddisk khusus yang isinya semua episode Running Man. Bahkan tiap mau tidur, biasanya gue nonton Running Man. Cuma mau sekedar ketawa-ketawa kecil sebelum tidur aja. Gue kadang suka gak tahan liat kebodohan mereka. Hahahaha

Well, this is the first #MyFirst post di blog gue. Next week rencananya gue mau bahas #MyFirst gue yang lain. Tapi gue belom nemu ide lagi… hahaha

And please put your comment below, friends… 





Comments

Popular posts from this blog

#MyFirst: Pertama dan Terakhir. BPJS Ketenagakerjaan alias Jamsostek.

#MyFirst Tech Review: Xiaomi Mi4

Xiaomi Redmi 4X: Hape 1 Jutaan Yang Bisa Bikin Baper